“mengapa saya masuk ke Departemen Kimia”

Kimia waw dari satu kata ini pasti para readers udah pada punya pemikiran yang aneeeh -aneeeh contohnya eduuun tuuh pelajaran bikin strez,atau ga apaaan tuh HCL,NAOH bikin puyeeeng itulah yang biasanya kita jumpai ataaau yang biasa kita denger di waktu kita pertama kali menginjakan kaki di SMA, untuk Memulai penggenalan kita dengan kimia maksudnya bukan kenalan sama si kimianya itu jabat tangan yaaak, tapi koprol *apa coba ini xp. Karena biasanya di SMA khususnya jurusan IPA dan pada awal masuk SMA mulainya pelajaran KIMIA diadakan dan akan dikupas abis semua tentang kimiayangsangattidakberprikeotakan tersebut dari yang jamannya elektron gerak-gerak ampe bisa split elektronnya *dikira dancer kali elektronnya wkwkwkwk. Lalu dasar-dasar kimia lainnya seperti tabel periodek, mol,molaritas dll akan dipelajari lebih lanjut dan mendalam bersama chef ucil *ini mw belajar apa masak xp.

Bye the way aniway busway emang kimia itu apa sih menurut mbah wikipedia Kimia (dari bahasa Arab كيمياء “seni transformasi” dan bahasa Yunani χημεία khemeiaalkimia“) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom. Gitu loooh

Pertama tama emang ribet tapi lama kelamaan kimia ternyata telah mengalikan duniaku *gombal mode: on* huehuehue. Sebenarnya sih dolo ga sampe kepikiran untuk kecimplung masuk kimia apalagi masuk IPB wkwkwkwk. Padahal dulu tuh pengen banget sama teknik informatika atau ga sama perminyakan. di IPB apa lagi sama sekali ga kepengen pengennya tuh di luar bogor. IPB, UGM tapi apa daya semuanya pada menolak diriku yang imut dan tidak berdosa ini wkwkwkkw pasti semua universitas akan menyesal HUAHUAHUAHA* ketawa setan*. Apalagi pas pertama kali di IPB hanya gara-gara agriaswara gw kga bakal pindah kuliah wkwkwkwk.  Trus juga gw asal nebak aja milih jurusan kimia hohoho ga salah emang minta tetuah ke mbah berek (sapa juga itu). Tapi emang nilai gw saya paling gede tuh di Kimia ga pernah kurang dari 80 nilai rapotnya maka dari itu saya dari nilai tersebut akhirnya juga memilih kimia dan saya agak curious *dikit tapi* kalo tentang kimia hehehe

Dari banyak jalur masuk ke IPB. Gw masuk kimia IPB pake jalur bebas hambatan USMI. USMI (Undangan Seleksi Masuk IPB) adalah USMI adalah suatu cara penerimaan mahasiswa baru IPB program sarjana yang pelamarnya direkomendasikan oleh kepala sekolah. USMI telah dilaksanakan oleh IPB sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Tanpa Tes dan Proyek Perintis II. Pada tahun 1984 – 1988 namanya menjadi PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Mulai tahun 1989 sampai sekarang dikenal dengan USMI.

Adapun latar belakang USMI adalah : (a) Setiap lulusan SLTA berhak memiliki kesempatan dan peluang yang sama dalam berkompetisi untuk mengikuti pendidikan di IPB, (b) Keragaman kualitas dan kuantitas fasilitas pendidikan bagi siswa SLTA antar propinsi di Indonesia, (c) Nilai seleksi sesaat (ujian saringan masuk) diasumsikan kurang begitu adil dan representatif dalam mengevaluasi potensi keberhasilan lulusan SLTA ke IPB dalam kondisi SLTA seperti disebutkan sebelumnya, (d) Guru adalah insan pendidik yang menjunjung tinggi kehormatan diri dari perbuatan tercela, (e) Daya tampung dan besarnya anggaran pendidikan tinggi sangat terbatas. Dengan latar belakang tersebut, maka tujuan dilaksanakannya USMI adalah : (a) Menjaring lulusan terbaru SLTA yang berpotensi melanjutkan pendidikan di IPB dengan mengandalkan nilai matematika, fisika, kimia, dan biologi dari rapor siswa selama lima semester di SLTA dan direkomendasikan Kepala Sekolah, (b) Mengupayakan adanya kesempatan pendidikan yang lebih adil bagi setiap lulusan terbaru SLTA dari setiap propinsi di Indonesia. Nah dengan jurus kedip2x mata dan tebar pesona ke staf-staf IPB akhirnya bisa hahahah ga laaah.

Lalu karena banyak prospeknya lagi itu adalah salah satu alasan kenapa saya masuk kimia : menurut alumnus yang saya dapat dari sebuah forum diceritakanlah gimana prospek dan kimia itu gimana. Katanya “

Kuliah di KIMIA IPB fun.. meskipun susah dan pusing, tapi so far gwe sangat enjoy. klo ditanya Prospek-nya?? Hmm sejauh ini temen2 gwe yg udah lulus semuanya sudah bekerja, mulai dari yg di perusahaan minyak dalam dan luar negri, farmasi, tekstil, konsultan energi, bisnis, bank, dkk. Banyak juga yang kemudian melanjutkan sekolah di luar negri dan bekerja disana. Berdasarkan pengalaman gwe, masuk ke kimia IPB akan membuka banyak pintu.. mau sekolah ke luar,relatif lebih mudah (I choose this way), mau kerja, banyak pilihan.

Sekarang IPB kurikulum-nya berbeda dengan jaman gwe dulu. Mahasiswa sekarang punya kesempatan mengambil banyak mata kuliah pilihan dari prodi lain sampai 30%. Contoh, misalnya lo pengen punya basic engineering soal bagaimana merancang pabrik atau setidaknya mengetahui bagaimana scaling up dari skala lab ke skala pabrik, lo bisa ambil kuliah minor (kuliah pilihan sampai 30% dari total SKS) di Jurusan Teknik Kimia, dan ini tentu akan sangat membantu lo dalam mencari kerja nanti. Karena lo paham bagaimana menemukan sesuatu di lab dan bagaimana mengembangkan ke skala pabrik. Kesimpulannya, kurikulum baru di IPB akan sangat membantu kita mempersiapkan diri buat masa depan.
Terakhir, Kuliah di Jurusan KIMIA IPB sangat melelahkan dan banyak sekali praktikum-nya, tugas dan kuliah-kuliah menggila, tentu ini akan sangat membuat kamu stress. Beberapa temen seangkatan gwe mengundurkan diri karena ga tahan ama sitiasi ini. Jurusan Kimia di kenal sebagai salah satu jurusan yang paling banyak praktimum dan tugas (syukur gwe udah lewat..) selain Biologi dan farmasi tentunya. Jadi, harus punya tekad yang kuat dan juga tentu kecintaan lo ama kimia, kalau tidak di jamin STRESS!! Dan tidak akan bertahan lama di IPB. Bukan nakut-nakutin sih.. cuman klo kita melakukan sesuatu karena memang kita suka, mau halangannya sebesar apa pun pasti akan bisa kita lewati.” Nah karena posting itulah saya semakin mantap dan tidak berpaling hati *kadang kadang sih iyaa* hehehehe.

referensi :

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=290548863

http://old.ipb.ac.id/pmb/index.php?option=com_content&view=article&id=58&Itemid=11

http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia

http://www.chem-is-try.org/

Posted in Uncategorized | 5 Comments

BIODATA

Nama : Muhammad Rizqi Childnady

NRP : G44090074

Departemen : Kimia

Tempat tanggal lahir : Bogor, 18 agustus 1991

Alama asal : Jalan Nusa Indah IV no 8 Taman Cimanggu BOGOR

Hobbi : Bikin orang kesenyum karena senyum itu akan menyinari dunia yang sedang kesusahan ini ^_^

Posted in Uncategorized | Leave a comment